Senin, 18 Desember 2017
Kata Sambutan

DR. John N. Palinggi, MM., MBA
Ketua Umum BPP ARDIN
Sambutan Ketua Umum ARDIN

Assalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam Sejahtera, Om Swuastiastu, Namo Buddhaya, Wei De Dong Tian

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan berkat dan rahmatnya kepada kita semua untuk dapat menerima, mengemban dan melaksanakan tugas kita masing-masing.

Sejak tahun 1980 ketentuan mengenai pengadaan barang dan jasa instansi pemerintah (government procurement) telah diatur sebagai bagian dari Keputusan/Peraturan Presiden (Kepres/Perpres) terbaru Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang mengatur mengenai ketentuan pelaksanaan APBN/APBD Provinsi/Kabupaten/Kota/Bank Indonesia/BHMN/BUMN/ BUMD/Dananya bersumber dari pinjaman/hibah dalam dan luar negeri yang diterima oleh pemerintah dan atau pemerintah pusat.

Sebagai mitra pemerintah dalam melaksanakan pengadaan dan distribusi barang, ARDIN menempati posisi strategis dalam upaya mewujudkan komitmen perekonomian kerakyatan juga sebagai inkubator bagi pengusaha kecil dan menengah serta sebagai salah satu penggerak untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di dalam masyarakat khususnya generasi muda. ARDIN yang anggotanya tersebar diberbagai Provinsi/Kabupaten/Kota dapat memanfaatkan network antar anggota sehingga dapat mempertemukan buyer dan seller antar anggota sendiri yang pada gilirannya mampu mendorong pergerakan barang dan modal kearah yang lebih efisien, dinamis, efektif dan berkesinambungan.

Arah kebijakan pembangunan ekonomi nasional diorientasikan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat melalui kapitalisasi dan fasilitasi usaha kecil, menengah dan koperasi. Kebijakan yang mengutamakan kepentingan pertumbuhan ekonomi saja akan melahirkan kesenjangan perekonomian nasional, perlu ditata ulang dengan lebih memprioritaskan kebijakan pemerataan dan menanggulangi kesenjangan perekonomian nasional. ARDIN harus mampu mendorong proses tender dan kerjasama bisnis yang adil, terbuka, menghindari praktek-praktek KKN serta memberikan kesempatan yang sama kepada semua anggota untuk berkompetisi secara sehat dan sportif. Kita harapkan juga agar penegakan hukum mampu menjamin kepastian usaha baik untuk pelaku usaha domestik maupun luar negeri.

Usaha kecil, menengah dan koperasi perlu selalu dijaga, dikukuhkan, dikembangkan dan ditingkatkan. Maka setiap usaha membantu mereka adalah juga sama dengan membantu usaha penyehatan ekonomi nasional, penyehatan ekonomi daerah, pengukuhan kebebasan hak asasi dan penguatan demokrasi. Demokrasi baru bermakna bagi masyarakat jika piring makan mereka terisi. Pengembangan usaha kecil, menengah dan koperasi akan berhasil jika usaha besar tetap memperoleh perhatian yang proporsional dan menghormati mereka berdasarkan hasil karya yang membawa nilai tambah bagi pengembangan dunia usaha pada umumnya dalam rangka menunjang pembangunan dan kemajuan daerah.

Untuk menghimpun, membimbing, mengarahkan dan melayani para pengusaha yang bergerak dalam bidang pengadaan barang dan jasa instansi pemerintah agar memiliki kemampuan menampilkan diri secara profesional, kuat dalam persaingan, terampil dan jujur dalam berusaha serta menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan, menghormati pemerintah, taat hukum serta selalu setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, maka Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distributor Indonesia (ARDIN) didirikan. Setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pengurus dan anggota ARDIN disemua tingkatan tanpa diskriminasi dan dengan menghormati demokrasi dan hak-hak asasi manusia. Anggota ARDIN dan pengurus-pengurus organisasi di semua tingkatan terbuka untuk dikoreksi maupun memikul tanggungjawab sesuai ketentuan organisasi sampai penindakan hukum bila melakukan pelanggaran dalam menjalankan kegiatan usaha.

Dengan tulus kami tegaskan bahwa ARDIN hanya mengupayakan jalan dan pengharapan agar mereka hidup sehingga dapat menghargai dan menghormati sesamanya manusia sebagai warga negara Indonesia.

Wassalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Tuhan Memberkati Kita, Om Canti Canti Canti Om,
Shadu Shadu Shadu, Shanzai.

DR. John N. Palinggi, MM., MBA
Ketua Umum BPP ARDIN